Kamis, 20 September 2012

"So..Gue Harus Bilang WOW Gitu..??!!"


Terus.. Gue harus bilang WOW gitu??!!
emang kenapa..? masalah buat loe??


Beberapa bulan belakangan ini kalimat itu sangat sangat sangat sering mampir ke kuping aku, aku udah bener-bener hapal banget kapan dimana dan bagaimana aku bisa mendengar kalimat paling ngetrend sekarang itu,
jujur kalimat itu juga sering keluar dari bibir ku .. hehe..
Kenapa aku tiba-tiba kepikiran cerita tentang ini? karena aku tiba-tiba mikir, kapan ya kalimat itu mulai booming di negeri ini, siapa pencetusnya dan apa yang bikin kalimat itu begitu sensasional sampe semua jenis makhluk hidup dari yang normal sampe yang kaga normal, dari yang idup sampe yang gentayangan, dari bocah ingusan sampe kakek-nenek bau tanah semua bisa berubah jadi alay dan mengatakan kalimat itu..
mm.. yang aku tau sih kalimat sensasional itu awalnya dari tante soimah kali ya? bukan bukan ngejudge, tapi emang itu yang aku denger.. sori deh kalo salah kugy emang gak apdet orangnya,  hoho..
Beberapa hari yang lalu aku dapat SMS dari temen yang sebelumnya cerita panjang lebar dan smsnya aku bales cuma dengan kalimat "so,,gue garus bilang WoW gitu??"
Entah apa yang ada dipikiran temen aku yang malang itu tiba-tiba pada layar handphone-ku tergambar sebuah amplop pertanda ada sms baru di inbox, dan saat kubuka seketika aku tergelak.. isinya begini..
Jawaban "Terus Gue Harus Bilang WOW gitu" adalah bukti dari  disorientasi kejiwaan kaum Alay yang udah masuk dalam level "GAWAT DARURAT" Cungguh!
Whatzz?? Alay?? Gawat Darurat?? LOL... XDSatu-satunya yang aku bayangin saat itu adalah Seluruh Rakyat Indonesia dari yang kamseupay sampai rakyat jelata #eh, tiba-tiba berubah jadi Alay Stadium Akut.. mihihihihiii
Tapi, sadar gak sih.. kita tuh emang lebay .. kata-kata itu bukan budaya Orang Indonesia yang selalu menghargai orang lain..
Apa susahnya merespon? atau bahkan memuji orang lain yang sedang bercerita pada kita?

Nih dari hasil pengamatan Kugy nih yaa..
1. seseorang memilih kamu untuk dijadikan tempat berbagi cerita, gak gampang loh memilih dan percaya sama orang buat jadi temen sharing gitu aja apalagi sharingnya menyangkut masalah privacy, nah kalo orang lain udah ngomong ampe mulut berbusa dan kamu cuma jawab "So.. Gue harus bilang wow gitu" atau "terus kenapa?, Masalah buat gue?" kira-kira rasanya gimana?? bisa dipastikan temen-temen kamu bakal mundur teratur menjauhi kamu yang alay dan mencari temen lain yang lebih enak diajak ngobrol..

2. Ilmu Balaghah atau seni bahasa itu penting guys.. sebosen-bosennya kamu dengerin ocehan temen-temen kamu, kalo kamu pinter dan jago dalam seni berbahasa kamu akan selalu merespon cerita mereka dengan baik, mungkin memuji atau bahkan mencari solusi,miisalnya "Masya Allah, kamu hebat banget bisa nonton TV sambil Merem" atau "oh jadi kamu bingung gimana ngejawab tawaran Si Udin buat jadi pembokatnya? mendingan gini aja.." , gak susah kan? gak bayar kan? gak ngeluarin keringet,orang juga gak sakit hati dan kamu juga pahala.. yaa meskipun pas temen kamu pergi kamu kabur ke kamar mandi dan muntah disana whatever yang penting kamu dan temen kamu tidak termasuk Alay Emergency.

3. Kalo di Sekolah Kugy dulu nih ya,, Ada yang namanya pelajaran Akhlak, nah disini Kugy diajarin Etika, salah satunya Etika berbicara.. salah satu contoh Akhlak yang BURUK adalah ketika orang lain bercerita dihadapanmu dan kamu hanya menjawab dengan "ehm","Terus", "ah Basi","trus hubungannya sama gue apa?" "so gue harus bilang wow gitu" atau kalimat-kalimat sejenisnya, kenapa buruk?.. yaa balik lagi ke soal hati, kita hidup pada masyarakat majemuk guys.. gak sendiri, gak semua orang sama dan sepikiran sama kita, apa yang kita suka belum tentu orang lain suka, iya ga? dan dari kata-kata yang gak enak kaya tadi sudah dipastikan ga ada satupun orang yang seneng kalo ngomong dan jawaban yang dia terima cuman itu doang.. kasian,..

Nah.. Jadi Generasi Muda indonesia,
pinter-pinterlah kita berbahasa.. belajar menghargai dan memuji orang lain meski hanya sebatas mengangkat 2 jempol atau cuma bilang "good job" itu cukup untuk membuat lawan bicara kita melayang-layang menembus awan.. yuk mari kita sama sama belajar menjiwai orang-orang disekitar kita, dengan begitu kita bisa makin dekat tanpa ada yang merasa sakit,kecewa dan terluka atau mungkin merasa Alay ....


hehehehe
sekian dari Kugy siang ini, semoga manfaat yah ;)


mm... om Alay Mehdi lagi ngapain sekarang yaaa... :P



0 komentar:

Posting Komentar